Kamis, 17 Desember 2009

Pendakian Ini



Ku melangkah menyusuri lembah-lembah kehidupan,
bertumpu pada kaki mungil ini yang tak tahu arah tujuan,
di sana tak kutemukan apapun kecuali hamparan pohon-pohon yang menjulang tinggi, menutupi sinar mentari
Aku menanyakan pada diriku sendiri, sebenarnya kemanakah kaki kecilku ini melangkah?
Jalan setapak hadir menemani setiap pijakanku ke bumi
Hingga sampai pada jalan yang bercabang
Jalan yang satu menurun dan tampak indah,
Dengan di kanan kirinya diselingi bunga-bunga setaman yang baunya sudah tercium dari tempatku berdiri sekarang
Jalan yang lain sangat terjal dan menanjak, pun juga diselingi bunga setaman, tapi dalam setiap tangkai terdapat duri-duri yang tajam
Hatiku gundah, jalan mana yang aku pilih?
Mau tak mau, aku harus memilih salah satu dari jalan ini
Akhirnya aku mantapkan hati
Dan jalan yang aku pilih adalah jalan yang menanjak dan terjal
Dan mudah-mudahan, di sanalah aku menemukan tujuanku,
Sebuah taman yang indah, tempat peristirahatanku yang terakhir
Pikirku,
Jalan terjal dan menanjak ini akan mengajarkanku tentang kehidupan
Belajar untuk tidak takut
Tidak mudah putus asa,
Dan tetap teguh,
Sabar untuk menapaki setiap langkah dalam hidupku...




dari buku Who Am I, buku kecil penuh inspirasi.

Tidak ada komentar: